Tips60Detik

Kumpulan Trip dan Trik Mudah Dalam 60 Detik
Viral video Sandiaga Uno ke Makam pendiri NU

Viral video Sandiaga Uno ke Makam pendiri NU

Calon wakil presiden no urut 02 Sandiaga Uno menyampaikan permohonan maaf terkait dirinya melangkahi makam pendiri Nahdlatul Ulama ( NU), KH Bisri Syansuri, yang viral di media sosial beberapa waktu lalu.

Ketua MUI Jombang KH Kholil Dahlan menilai melangkahi makam sebagai perbuatan tak terpuji. Menurut dia, setiap orang yang sudah meninggal dunia sepatutnya dihormati.

Kiai Dahlan mengatakan ada beberapa tata krama yang harus dipatuhi setiap peziarah. Hal itu sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad SAW.

“Pertama, mengucapkan salam ‘Assalamualaikum Ya Ahli Kubur’. Kedua, niat untuk berdoa kepada Allah SWT memintakan ampunan untuk orang-orang yang sudah meninggal, bukan minta sesuatu. Paling utama duduk di sisi kepala jenazah menghadap ke kiblat (arah barat). Memakai busana yang menutup aurat,” kata Kiai Dahlan

Sikap Sandiaga itu terlihat dalam video yang tersebar di media sosial sejak beberapa hari lalu. Padahal peristiwa itu terjadi ketika Sandiaga bersama Capres Prabowo Subianto berziarah ke makam para tokoh NU di hari santri, Senin, 22 Oktober 2018.

Video itu, seperti dilihat (12/11/2018), berdurasi 15 detik. Sandiaga, yang tampak mengenakan sarung dan berkopiah hitam, awalnya menabur bunga di makam tersebut. Sandi lalu melangkah. Prabowo, yang juga menabur bunga, hendak berpindah ke makam selanjutnya, memilih untuk lewat pinggir secara perlahan sebelum beranjak.

“Pertama-tama, ya tentunya permohonannya maaf. Manusia itu pasti ada khilaf. Saya hampir tiap hari ziarah ke kubur dan selalu ada pemandunya. Tadi saya ziarah kubur juga ada pemandunya. Dan tanpa mau menyalahkan siapa-siapa, saya harus berani mengambil risiko bahwa ini kesalahan dari saya,” ungkap Sandiaga saat diwawancarai usai acara dialog dan ngopi bareng wirausaha milenial di Warkop 45 Jalan Arifin Ahmad, Pekanbaru, Riau, Senin (12/11/2018).