Tips60Detik

Kumpulan Trip dan Trik Mudah Dalam 60 Detik
Tips Jitu Mengusir Tikus dan Serangga di Rumah

Tips Jitu Mengusir Tikus dan Serangga di Rumah

Ada pepatah mengatakan, “dimana ada gula disitu ada semut“. Artinya (dalam terjemahan pribadi), dimana ada makanan maka disitupula terdapat serangga. Hewan kecil ini selalu hadir dimana ada bahan makanan bahkan sekalipun itu hanya sisa-sisa bahan organik yang terbuang begitu saja di atas meja makan dan dilantai.

Ternyata dengan beberapa trik di bawah ini, bisa membuat rumah Anda bebas serangga serta tikus, dan tentunya menciptakan rumah yang sehat dan menyenangkan. Mari kita cek satu persatu tipsnya.

  • Nyamuk

Nyamuk merupakan musuh manusia yang sangat berbahaya, karena nyamuk adalah vektor penyebab penyakit malaria atau demam berdarah. Jika anda tidak ingin mengusir nyamuk dengan lotion anti nyamuk atau anti nyamuk bakar, gunakan bunga lavender, merica dan bubuk kopi. Letakkan bunga lavender disetiap ruangan dirumah anda, niscaya nyamuk tidak akan mendekat karena nyamuk sangat tidak menyukai aroma bunga lavender. Jika tidak ada bunga lavender, anda bisa mencoba mengusir nyamuk dengan bubuk kopi dan merica.

  • Kecoa

Untuk mengusir kecoa, anda bisa menggunakan bumbu dapur yakni bawang merah, bawang putih dan merica. Blender semua bahan hingga halus, kemudian larutkan dengan air seperlunya. Semprotkan larutan tersebut pada sarang kecoa atau pada tempat-tempat yang disukai kecoa. Kecoa akan pergi jauh-jauh karena tidak tahan dengan aroma menyengat dari ketiga bumbu dapur tersebut.

  • Tikus

Untuk mengusir tikus dari rumah anda, anda bisa mencobanya dengan peppermint dan bawang merah. Caranya cukup mudah, ambil kapas secukupnya kemudian celupkan kedalam minyak peppermint. Letakkan kapas tersebut pada tempat yang sering dilalui tikus atau pada sarang tikus. Jika tidak ada minyak peppermint, anda bisa menggunakan bawang merah yang diblender dan dicampur dengan sedikit air. Tikus akan pergi dari rumah anda dan mungkin kapok untuk kembali lagi. Karena hama tikus tidak akan tahan dengan aroma peppermint dan bawang merah.

  • Lalat

Selain nyamuk, penular penyakit lainnya adalah lalat. Untuk mencegah lalat, anda bisa menggunakan daun kemangi atau minyak kayu putih. Caranya cukup mudah, tanamlah kemangi atau pohon minyak kayu putih disekitar rumah anda. Atau letakkan daun kemangi di atas meja makan. Daun-daunan aromatik tersebut memiliki aroma yang tidak disukai lalat.

Itulah beberapa cara ampuh yang mampu mengusir serangga dan binatang yang mengganggu dirumah kita. Selain beberapa tips terssebut hal yang terpenting yang harus anda lakukan yaitu selalu menjaga kebersihan di dalam maupun diluar rumah.