Tips Menurunkan Berat Badan Dan Menghitung Kalori

bedan badan - Menurunkan Berat Badan Dan Menghitung Kalori

Tips Menurunkan Berat Badan Dan Menghitung Kalori

Tips Menurunkan Berat Badan Dan Menghitung Kalori – Menghitung untuk kebutuhan kalori seolah-olah sudah menjadi kewajiban, disaat hendak menjalani diet untuk menurunkan berat badan. Hal ini memang sangat diperlukan untuk dapat mengetahui jumlah kalori yang dibutuhkan berdasarkan usia, jenis kelamin, berat dan tinggi badan, serta intensitas aktivitas.

Ada cara mudah untuk menghitung kalori dan bisa dilakukan dengan memanfaatkan kalkulator Basal Metabolic Rate (BMR), yang kini dapat banyak ditemui di internet. Dari hasil yang akan muncul, kita dapat mengatur jenis makanan dan minuman yang hendak dikonsumsi. Untuk tujuannya agar jumlah kalori yang masuk sesuai dengan apa yang disarankan.

Tetapi permasalahannya, tidak selamanya kita dapat mengetahui secara pasti jumlah kalori yang terdapat pada sebuah makanan atau minuman. Yang paling sering terjadi sebabnya adalah tidak ada informasi nilai gizi termasuk jumlah kalori di kemasannya.

Untuk dapat, menghitung kalori merupakan aktivitas yang membosankan, terutama bagi kita yang tidak hobi berhitung. Kalau sudah begini, bisa-bisa diet akan terhambat.

Tetap diet akan bisa dilakukan tanpa dipusingkan dengan perkara untuk menghitung kalori. Untuk itu, inilah yang perlu dilakukan terkait jenis asupan yang dikonsumsi.

Pilihan Karbohidrat Secara Tepat

Ini lah langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengurangi asupan karbohidrat olahan seperti roti tawar putih, mie, bahkan kue kering. Jenis dari makanan-makanan tersebut cenderung tinggi kalori, misalkan 1 iris roti putih mengandung 63 kalori, namun membuat juga cepat lapar. Sebagai gantinya bisa dipilih roti biji-bijian (whole grain) atau nasi merah.

Pilih Makanan Segar

Sebaiknya kita harus memilih makanan segar, minim olahan demi mendapatkan nutrisi utuh yang mungkin hilang saat proses pemasakan. Contohnya, seperti sayur-sayuran, buah-buahan, atau biji-bijian.

Konsumsi Protein Nabati Dan Hewani

Di dalam tubuh membutuhkan protein guna membentuk otot dan dapat memperbaiki sel-sel tubuh yang telah rusak. Untuk itu kita harus dapat memenuhi kebutuhan protein, baik dengan mengonsumsi protein nabati atau hewani. Protein nabati antara lain berasal dari kacang-kacangan, seperti kedelai, kacang polong, buncis, dan sebagainya. Sedangkan, protein hewani bisa ditemui pada daging, ikan, telur, dan sebagainya.

Memprioritaskn Sayur – Sayuran dan buah – bahan

Jika anda berniat menurunkan berat badan, tidak ada salahnya mengubah kebiasaan saat hendak ingin makan. Yaitu dengan memprioritaskan sayuran atau buah-buahan sebagai menu yang sudah dipilih. Isi setengah dari piring makanan mu dengan sayuran atau buah. Setelah sayuran atau buah-buahan, barulah lengkapi menu makan anda dengan protein dan karbohidrat.

Biasakan diri dengan hal-hal yang di atas bisa menjadi cara untuk mencapai berat badan sesuai keinginan. Pastinya, dengan ditambah olahraga yang teratur juga.

Beberapa buah – buahan yang dapat membantu untuk program diet anda, anara lain:

Buah Pepaya

Pepaya buah yang sering kita jumpai. Bahkan di Indonesia sendiri buah ini mudah sekali tumbuh di mana pun. Tidak semua orang juga menyukai papaya, tapi tahu kah kamu bahwa pepaya juga memiliki manfaat sangat besar bagi pencernaan tubuh?
Bila kamu sedang diet, kemudian terasa lapar di tengah malam bahkan memang kamu dasarnya tukang ngemil, kamu bisa menggantinya dengan pepaya.

Tidak hanya mengatasi pencernaan dengan baik, pepaya mengandung serat yang tinggi, pepaya juga dapat mengurangi nafsu makan. Selain itu harganya juga cukup ekonomis, tidak mengeluarkan uang terlalu banyak.

Apel

Buah apel ini juga bisa meredam rasa lapar dengan cepat . Bila sehari kamu mengkonsumsi apel, maka kamu bisa mengurangi porsi makanmu. Apel juga mampu membantu mengoptimalkan kesehatan anda, jadi cukup dapat membantu buat kamu yang lagi diet.

Alpukat

Salah satu buah yang menjadi makanan wajib di konsumsi bagi kamu yang sedang menjalankan program diet. Selain memang rasanya enak dan gurih, alpukat mengandung banyak serat dan lemak sehat. Jadi ini nggak akan buat kamu gendut. Untuk mengonsumsinya lebih baik jangan mencampurnya dengan gula dalam porsi yang banyak.

Sekian pembahasan tentang Tips Untuk Tips Menurunkan Berat Badan Dan Menghitung Kalori. Terima Kasih Sudah Membaca Artikel ini. Simak terus info menarik lain nya di tips60detik.web.id

Share:

Author: jordan smith

Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.