Tips60Detik

Kumpulan Trip dan Trik Mudah Dalam 60 Detik

Membuat Gelang Kepang Dengan Kain Flanel

Membuat Gelang Kepang Dengan Kain Flanel

Membuat Gelang Kepang Dengan Kain Flanel – Meskipun bukan merupakan kebutuhan pokok, memiliki benda kerajinan tangan rasanya sudah pasti menjadi bagian dari hidup seseorang. Entah dalam bentuk asbak, pajangan dinding di rumah, gantungan kunci sampai alat-alat rumah tangga yang didesain unik masih banyak diincar orang.

Salah satu bahan untuk membuat kerajinan berbagai bentuk yaitu kain flanel. Kerajinan dari kain flanel begitu populer di kalangan para tangan kreatif. Pantas saja jika para pengrajin memilih bahan ini. Bagaimana tidak apabila bahan flanel bersifat lembut hampir seperti karpet dilengkapi berbagai variasi warna yang mencolok untuk dijadikan kerajinan. Kalau sudah begini pastinya tangan orang kreatif akan lebih mudah mengolahnya. Dengan menjadi favoritnya kain flanel di dunia kerajinan tangan, banyak orang tergiur mengambil kondisi ini sebagai kesempatan mendulang uang.

Pasti Anda sering melihat teman di sekolah memakai gelang kepang dari tali. Bagaimana kalau tali-tali maupun senar itu diganti dengan kain flanel? Tenang saja, gelang kepang hanya membutuhkan sedikit jahitan juga kain. Bahkan Anda sangat dianjurkan memakai kain sisa saja supaya menambah nila kebermanfaatan. Karena bebas desain dan warnanya, Anda pun bebas menyesuaikan dengan selera remaja masa kini.

Akhir-akhir ini sedang marak aksesoris yang terbuat dari bahan perca. Ada pula yang tidak biasa, seperti dari tali sepatu. Keluarga saya adalah salah satunya yang membuat dari bahan itu (dan yang saya maksud keluarga adalah bapak, emak, dan adik). Untuk itulah, saya juga jadi kebagian. Oke, sebetulnya saya yang minta, sih.
Lama banget bahan itu nggak kepakai sampai akhirnya saya salah beli jump ring. Entah lagi nggak sadar karena kebanyakan pikiran mau ujian atau memang nggak ngerti (opsi kedua lebih mungkin)

Cara Membuat
1. Gunting flanel memanjang seperti tali sepatu sepanjang kira-kira 60 cm sebanyak tiga buah
2. Ikat simpul bagian ujungnya
3. Mulai kepang tali sepatunya, kira-kira sampai lima senti
4. Masukkan cincin penutup di salah satu tali bagian pinggir untuk dikepang
5. Letakkan tali bagian pinggir yang sudah dikasih cincin penutup ke bagian tengah (di langkah ini sampai ke-8, kehati-hatian dan kesabaran diperlukan!)
6. Masukkan cincin penutup lain ke bagian pinggir yang lain
7. Letakkan lagi ke tengah, intinya mengepang tapi dengan cincin penutup
8. Ulangi langkah tadi sampai cincin habis
9. Selesai mengepang cincin, kepang lagi tali sepatunya
10. Amankan kepanganmu dengan mengikat simpul.