Tips60Detik

Kumpulan Trip dan Trik Mudah Dalam 60 Detik
Membersihkan sepatu dengan Mudah

Membersihkan sepatu dengan Mudah

Membersihkan sepatu dengan Mudah

Sepatu kotor tentunya tidak nyaman ketika dipakai apalagi bila menjadi pusat perhatian orang lain dengan bentuknya yang sangat tidak sedap dipandang dan baunya yang menyengat.

Sepatu olahraga adalah jenis sepatu yang paling mudah kotor. Maklum, sepatu jenis ini memang yang ternyaman untuk dipakai di kegiatan-kegiatan outdoor, seperti olahraga dan mendaki gunung. Jadi, nggak heran ‘kan kalau banyak banget tanah, lumpur, dan pasir yang menempel di sepatu olahraga.

  • Pertama, lepaskan tali sepatu. Rendam di dalam larutan deterjen selama 10 menit.
  • Kemudian, siapkan sikat gigi bekas dan deterjen bubuk. Larutkan deterjen bubuknya dalam air, secukupnya saja. Larutan ini berbeda ya dengan yang digunakan untuk tali sepatu.
  • Sikat bagian sepatu yang kotor secara perlahan dengan sikat gigi saja, tanpa deterjen. Setelah noda mulai pudar, celupkan sikat gigi ke dalam larutan deterjen, lalu sikat kembali bagian yang kotor sampai nodanya hilang.
  • Angkat rendaman tali sepatu, lalu kucek-kucek perlahan untuk menghilangkan noda.
  • Bilas sepatu dan talinya menggunakan air keran sampai busanya hilang.
  • Keluarkan bagian lidah sepatu, masukkan segumpal kertas koran bekas, dan jemur deh sepatunya sampai kering.

Cara mencuci flat shoes itu sebenarnya disesuaikan dengan bahan dari sepatu itu sendiri. Ini nih panduannya:

  • Bahan kain atau kanvas: bagian yang kotor disikat menggunakan sikat gigi dan deterjen. Deterjen ini bisa juga kamu ganti dengan baking soda, untuk warna yang nggak mudah pudar. Setelah disikat, bilas dengan sedikit air, beri gumpalan kertas koran, dan jemur di tempat yang sejuk.
  • Bahan kulit: bagian yang kotor bisa kamu bersihkan dengan menggunakan sikat yang berbulu halus. Sikatlah berlawanan dengan arah permukaan kulitnya. Setelah noda hilang, lap seluruh permukaan sepatu dengan lap kering. Kali ini, kamu nggak perlu menggunakan deterjen atau baking soda.
  • Bahan suede: sebisa mungkin jangan kena dengan air. Bagian yang kotor, disikat dengan suede brush khusus, tanpa deterjen, dan di-finishing dengan menggunakan penghapus karet.

Mencuci sepatu kulit itu nggak serumit yang dibayangkan, kok. Bagian yang kotor dari sepatumu, cukup dibersihkan dengan spons atau sikat yang lembut. Sikat berlawanan dengan arah permukaan kulit sepatu, lalu kamu lap deh menggunakan kain yang halus. Setelah itu, simpan sepatu di tempat yang sejuk supaya terkena angin segar dan nggak lembab.

Kalau kotorannya cukup membandel, kamu bisa menggosoknya dengan menggunakan spons atau kain halus yang telah dicelup ke air deterjen. Usahakan busanya banyak ya, dan gunakan busa tersebut untuk membersihkan noda. Lalu, bersihkan busa tersebut dengan lap basah secara perlahan. Jemur deh di tempat yang sejuk.

Membersihkan sepatu kanvas sebenarnya hampir sama dengan sepatu olahraga. Bagian yang kotor dibersihkan dengan menggunakan sikat gigi dan air deterjen. Hanya saja, untuk sepatu kanvas, kamu bisa menyikatnya dengan lebih bertenaga karena bahannya cukup kuat. Setelah bersih, bilas dengan menggunakan air keran, tapi jangan direndam. Kemudian, masukkan gumpalan kertas koran dan jemur di tempat yang sejuk saja.