Tips60Detik

Kumpulan Trip dan Trik Mudah Dalam 60 Detik
Memaafkan Itu Memang Mudah Namun Melupakan Itu Susah

Memaafkan Itu Memang Mudah Namun Melupakan Itu Susah

Memaafkan Itu Memang Mudah Namun Melupakan Itu Susah

Dalam hidup ada kalanya seseorang berbuat kesalahan. Dan hal tersebut berkaitan dengan kata ‘maaf’. Sama dengan hubungan, selalu ada kata maaf jika salah satu dari pasangan berbuat kesalahan.

Sesuai dengan ajaran agama maupun orangtua, bahwa pada hakikatnya kita di ajarkan untuk selalu bisa memaafkan kesalahan orang lain. Tapi terkadang pada kenyataannya lebih sulit dan rumit dari apa yang kita bayangkan.

Saat ada seseorang berbuat kesalahan dan melukai perasaanmu, sulit untuk rasanya langsung memaafkannya begitu saja. Sebagai contoh, seseorang yang begitu kamu cintai mengaku khilaf telah menduakanmu atau ada sahabat yang begitu kamu percaya tapi malah mengkhianatimu. Saat hati sudah terluka, memberi maaf jelas bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Jika memang harus maaf dari mulut tapi sejujurnya untuk melupakan hal tersebut bukan perkara mudah.

Memberi maaf bisa dilakukan dalam detik yang sama. Tapi butuh waktu lama hingga bertahun-tahun untuk melupakan kesalahan yang pernah ia perbuat. Sekalipun kamu sudah memaafkannya, memandangnya akan memberi rasa yang berbeda.

Setelah memaafkan, bukan jaminan kita akan lupa begitu saja dengan kesalahan yang ia perbuat. Luka yang sudah kamu rasa meskipun sudah hilang, bekasnya kadang masih bisa terlihat. Ada yang berubah dalam hubungan dan caramu berkomunikasi dengannya. Tapi selalu ada cara untuk membuka lembaran yang baru.

Hidup kita memang tak selalu berjalan sesuai dengan keinginan dan harapan. Orang-orang yang kita kenal pun bisa berubah dengan cara yang tak disangka. Menyakiti dan tersakiti jadi bagian dari hubungan kita dengan orang di sekitar kita. Kenyataan ini memang sulit diterima tapi begitulah adanya.

Ketika dalam hidup maupun dalam suatu hubungan ada rasa tersakiti dari seseorang, memaafkannya merupakan tugas terberat kita namun dibalik itu semua kita belajar menjadi pribadi yang lebih dewasa.